Senin, 31 Januari 2011

80 Tahun Namamu Masih Ada


Saya sangat simpatik pada sang penyair legendaries Khalil Gibran, walaupun saya pribadi belum sama sekali membaca apa lagi menghayati karya-karyanya yang sangat popular. Ketertarikan saya pada sosok Khalil Gibran adalah beliau multi talenta dari seorang penyair juga menjadi seorang pelukis terkenal di masanya, bahkan hingga saat ini, namanya, karyanya dan perjalanan hidupnya masih dikenang oleh masyarakat duni, pepatah mengatakan “Gajah mati meninggalkan gadingnya, manusia mati meninggalkan namanya”.  
                Tepat 10 April 2011, Khalil Gibran genap haul yang ke-80 tahun. Momentum bersejarah ini, diperingati oleh kalangan Budayawan, Sastrawan, Seniman bahkan masyarakat dunia yang sudah menikmati karya-karyanya. Saya pribadi pengen sekali membaca karya-karyanya, yang baru saya lakukan hanyalah mengunjungi Gramedia Cirebon dan hanya sempat membaca sejarahnya saja belum pada isi tulisannya.
                Jika kita amati sejarah para ilmuan besar, rata-rata mereka hidupnya tidak semewah yang kita bayangkan, mereka harus melawan berbagai arus masalah yang menimpa kehidupan, seperti Khalil Gibran, beliau lahir di Basyari-Lebanon, Basyari sendiri adalah daerah yang kerap disinggahi badai, gempa serta petir. Selain itu, keluarga beliau juga satu persatu meninggalkannya, mulai dari Ibu kandungnya yang meninggal dunia karena penyakit TBC, Kakaknya yang menjadi tumpuan hidupnya, Kamilah juga terkena tumor ganas dan adiknya Mariana yang selalu dihantui penyakit dan kemiskinan keluarganya. Dari sinilah Khalil Gibran menjadi Penyair terkenal setelah terbiasa menangkap fenomena-fenomena alam di sekitarnya, sehingga dituangkan dalam bentuk tulisan.
                Kita patut apresiasi kegigihan dan kerja keras beliau, sehingga melahirkan banyak penyair-penyair besar di abad modern ini. Sampai kapan pun ilmu tidak akan pernah habis, malah akan terus bertambah dan bertambah sesuai dengan zamannya.
                Dan saya ucapkan terima kasih banyak kepada Group PARTAI PENULIS PUISI yang tidak henti-hentinya mengshare gagasannya untuk menulis dan terus menulis, terutama saya pribadi termotivasi untuk terus belajar menulis.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar